Anak-Anda

Selasa, 17 Juli 2012

Bola Kaus Kaki


Ambil sebuah kaos kaki bekas, isi dengan potongan kain bebas, kertas koran atau kaos kaki bekas. Ikatlah ujung kaos kaki dengan seutas tali dengan ketat sehingga membentuk sebuah bola. Kemudian ikat ujung tali yang lainnya di tali yang merentang di atas tempat tidurnya atau boks mainnya. Biarkan sikecil telentang santai di dalamnya. Lalu, gerakan bola kaos kaki ini ke kiri ke kanan dan ke depan ke belakang. Gerakan ini harus dapat terlihat jelas oleh sikecil.

Apakah si kecil melihat bola kaos kaki itu bergerak-gerak. Apakah ia terlihat ingin menyentuhnya atau memindahkannya, atau si kecil hanya diam saja? Kalau dia kelihatan tidak tertarik, lakukan aktivitas di waktu yang lain. Cobalah terus sampai si kecil berminat dan ulangi aktivitas ini di minggu-minggu berikutnya. Bersabarlah, dan ingat, perhatian si kecil pada aktivitas ini mungkin hanya sebentar saja setiap kali di lakukan. Simpanlah kaos kaki ini untuk digunakan pada kesempatan lain.

Pada minggu ini, ulangi latihan-latihan di minggu-minggu sebelumnya. Lihat bagaimana responnya. Apakah dia mampu mengangkat kepalanya lebih tinggi bila tengkurap. Anda akan melihat batang lehernya semakin kuat. Tepuk-tepuklah punggungnya dengan lembut dan ajak dia bicara. Ingatlah intuk selalu menggunakan nada bicara yang ekspresif. Ini akan menstimulasi kemampuan indra pendengarannya. Sambil berbicara, sesekali balikan tubuhnya ke kiri dan ke kanan dan lihat kekuatan kepala dan lehernya. Setelah beberapa minggu, lihat apa yang terjadi? Anda akan melihat betapa bayi anda sekarang bertambah kuat.

Aktivitas ini mengembangkan
  1. Tahap awal kemampuan koordinasi mata-tangan
  2. Pengentahuan tentang bola kaos kaki dan perkembangan tangannya
  3. Peningkatan kemampuan menggunakan indra peraba
  4. Rangsangan untuk menggerakan mata dan tangan secara bersamaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar