Anak-Anda

Kamis, 19 April 2012

Menggerakan Benda


Amati gerakan mata bayi anda. Apakah matanya mengikuti semua gerak gerik anda? Peganglah sebuah kerincingan atau benda lain di depan matanya. Apakah bayi memusatkan matanya pada benda tersebut. Mainkan kerincingan itu dari kiri ke kanan. Apakah sorot mata si kecil mengikuti perpindahan benda tersebut.

Jangan kwatir bila mata si kecil tidak mengikuti kerincingan yang bergerak itu. Anak-anak berkembang tidak sama tingkatannya pada setiap area. Yang perlu di lakukan adalah mengulang-ulang akivitas ini setiap hari selama seminggu yang dianjurkan di tambah beberapa minggu ke depan, dan lihat bagaimana reaksinya. Langkah awal kelak untuk belajar membaca.

Ulangi latihan minggu pertama. Pegang dan gerakan kepalanya dari satu sisi ke sisi lainnya dengan lembut. Pegang dan gerakan lengan kiri dan kanannya. Temukan telapak tangan kanan dan kirinya. Pegang dan gerakan telapak kaki kanan dan kirinya. Juga ulangi aktivitas minggu kedua dan jangan lupa untuk mengobrol, bernyanyi, bersenandung  atau memutar kaset lagu-lagu lembut.

Aktivitas ini mengembangkan
  1. Pengetahuan awal tentang benda bergerak ( stimulasi visual )
  2. Kesadaran awal untuk menanggapi sesuatu dengan cepat
  3. Stimulasi suara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar