Anak-Anda

Rabu, 11 April 2012

Respons Terhadap Cahaya


Bagaimana reaksi bayi anda terhada cahaya? Pada waktu lahir bayi sensitive terhadap cahaya, kilaun, dan benda-benda yang bergerak dan akan memperlihatkan responsnya dengan menggerakan kepalanya mengikuti stimulus yang diterimanya.

Kedua bola matanya terlihat tidak focus. Meski demikian, tidak usah kwatir. Buka tirai kamar, dekatkan si kecil ke jendela dan buka jendela. Lihalah apakah dia memutar kepalanya kearah jendela. Sekarang tutup tirainya, dan nyalakan lampu di sisi lain atau gunakan lampu senter yang disorotkan ke dinding, lihat bagaimana reaksinya, apakah dia akan menolehkan kepalanya mengikuti ke arah cahaya? Ingat, jangan menyorotkan cahaya langsung ke matanya. Dengan latihan ini, anda mengajarkan pada si kecil sisi kiri da sisi kanan, dan pada waktu yang sama, ia juga terlatih bereaksi terhadap rangsangan cahaya. Anda pun mengajarkan padanya menggerakan kepalanyadengan maksud tertentu. Anda juga akan melihat, si kecil telah belajar mengenal dan merespons suara ibunya pada usia sangat dini sekalipun.

Ulangi aktivitas di atas selama satu minggu. Memberikan waktu anda secara konsisten untuk terus-menerus bersama si kecil akan membuatnya cepat belajar.

Ulangi juga aktivitas yang di sarankan pada minggu pertama. Bayi akan udah belajar metode pembiasan. Artinya, anda harus mengulangi aktivitas yang sama berulang-ulang. Dengan sendirinya, si kecil akan mengingat apa yang dipelajarinya. Jangan lupa untuk bernyanyi, bersenandung, atau memutar musik. Bayi membutuhkan rangsangan indra pendengar.

Aktivitas ini mengembangkan
  1. Stimulasi visual;
  2. Pengetahuan awal tentang gelap dan terang;
  3. Pengetahuan tentang refleksi cahaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar