Anak-Anda

Kamis, 05 April 2012

Menggerakan Anggota Tubuh


Amati gerakan kepalanya. Apakah kepalanya bergoyang-goyang. Sanggalah kepalanya bila dia tidak dalam keadaan bersandar. Sangga kepalanya dengan selimut, tangan, atau dengan rengkuhan lengan anda. Apakah kepala si kecil berputardari sisi ke sisi lainnya? Jika tidak, putarlah kepala si bayi bergantian sisi ketika sedang berbaring. Ini akan membantu bayi untuk mengenal sisi kiri dan sisi kanan dari kepalanya.

Amati gerakan tangannya. Apakah genggaman jari-jarinya kuat? Biarkan sikecil memegang dan menggegam jari anda. Genggaman adalah gerak refleks pertama setelah kelahiran dan muli berkurang bila koordinasi mata dan tangan mulai berkembang baik. Ketika sedang bermain atau menimangnya, cobalah temukan telapak tangan kanan dan kirinya. Latihan ini akan membantunya mengenal dengan baik kedua belah tangannya.

Amati gerakan lengannya. Perlahan, luruskan lengan kirinya dan lihat bagaimana reaksinya. Setelah itu, ganti luruskan lengan kanannya dan catat pula reaksinya.

Amati gerakan kakinya. Perlahan, luruskan kaki kirinya dan lihat bagaimana reaksinya. Lanjutkan dengan kaki kanannya dan lihat bagaimana reaksinya. Amati gerakan telapak kakinya. Sentuh dan peganglah telapak kaki kirinya dan lihat reaksinya. Lakukan hal yang sama untuk kaki kanan. Catat pula reaksinya.

Selimuti dengan baik si kecil di minggu-minggu pertama setelah kelahirannya agar dia merasa hangat. Setelah anda melatih menggerakan anggota tubuhnya selama beberapa minggu, anda akan melihat, bayi akan merenggang-renggangkan kaki dan tangannya, sepertinya dia mulai menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Jadi, tidak perlu lagi menyelimutinya dengan ketat.

Ajaklah selalu si kecil berbicara. Gunakan kalimat-kalimat pendek dengan intonasi yang hangat dan ceria. Bernyanyi dan bersenandung baik juga di lakukan. Kalau anda sukar melakukannya, gunakan kota musik atau putarlah kaset dengan musik-musik yang lembut. Ini akan merangsang indra pendengarannya.
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar