Anak-Anda

Selasa, 03 April 2012

Pertumbuhan Otak Anak

Para guru dan pendidik sangat yakin bahwa stimulasi yang dilakukan secara konsisten sejak dini sangat penting untuk pertumbuhan otak anak. Bayi anda akan tumbuh berkembang dan akan mampu melakukan latihan-latihan dasar yang dianjurkan dalam artikel ini. Meski demikian, bila sikecil tampak enggan atau belum siap melakukan latihan-latihan tersebut, jangan bosan untuk mencobanya terus setiap hari. Tetaplah konsisten dan jangan terpaku oleh waktu. Ingat, setiap bayi memiliki tingkat perkembangan kepandaian yang berbeda-beda waktunya.

Sebaliknya, mungkin saja ia sudah menunjukan tanda-tanda siap dan mampu untuk melanjutkan ke pelatihan berikutnya diluar waktu yang dianjurkan. Tidak ada salahnya memperkenalkan sedikit. Namun, jangan terburu-buru melatihnya lebih jauh. Sebab latihan yang terlalu jauh dapat menyebabkan anak-anda kehilangan kesempatan untuk mendapatkan latihan-latihan dasar yang sesungguhnya sangat berguna untuk latihan berikut.

Sebuah penelitian menyebutkan bayi lahir dengan puluhan juta sel didalam otaknya. Akan bertambah terus menerus jumlahnya sampai berumur 3 tahun dan hampir dua kali lipat jumlahnya dari jumlah sel otak yang didapat orang dewasa.

Memberikan stimulasi dan latihan-latihan di rumah pada waktu yang tepat dapat memperbesar potensi belajar anak. Dengan kata lain, kepandaian anak di kemudian hari ditentukan oleh masa tiga tahun pertama.

Otak anak sama halnya dengan computer. Dapat menyimpan dan mengorganisasi semua informasi yang masuk

Mengulang-ulang latihan sangat baik. Semakin banyak seorang bayi mengulang-ulang latihan yang dianjurkan, dia akan semakin nyaman dan responsive. Dua hal ini menjadi bekal yang sangat penting di dalam proses belajar. Ini disebut metode pembiasan. Cara berpikir anak, terutama yang berkaitan dengan proses berpikir sebab akibat dan saling menghubungkan masih teramat sederahana. Membiasakan belajar dapat mengembangkan kemampuan mereka untuk mencapai potensi berpikir yang maksimum. Latihan-latihan yang diberikan di bagian pertama dirancang untuk mengembangkan kemampuan berpikir, sebab-akibat, dan menghubungkan. Yang penting, bayi diperkenalkan dan distimulasi pada waktu yang tepat. Jika latihan tidak di berikan secara rutin dan bukan pada waktu yang tepat, problem belajar dan tingkah laku kelak dapat muncul di kemudian hari, baik dirumah maupun di sekolah. Jadi, waktu yang tepat adalah kunci dari proses belajar ini. Anak-anak harus dilatih dalam suasana yang hangat dan penuh cinta kasih, lemah lembut dan konsisten. Aktivitas yang dianjurkan harus dilakukan pada waktu yang tepat setiap harinya. Tidak perlu menentukan jadwal yang ketat. Setiap hari dapat saja berubah-ubah waktunya. Yang terpenting, bagaimana interaksi antara ibu dan anak dapat terjalin selama latihan berlangsung. Suara yang lembut dan penuh kasih, konsistensi tanpa memaksa dan sentuhan yang lembut akan membuat si kecil tumbuh sebagai pribadi yang baik dan mempunyai sikap positif baik terhadap diri sendiri maupun lingkungannya.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar